Tips - tips & Artikel



Bagaimana Cara Mengurangi dan Menurunkan Berat Badan dengan SEHAT, AMAN TANPA EFEK SAMPING?

Kelebihan berat badan bisa berdampak pada berbagai macam penyakit, dan factor psikis yang kurang percaya diri, kurang energik, kurang sehat dan prima apalagi diatas usia 30 tahun, Kelebihan berat badan bisa berdampak kompleks. Oleh karena itu menjaga kesehatan an asupan nutrisi berat badan adalah sangat penting dan wajib jika kita tidak mau terkapar di rumah sakit atau masuk ruang ICU.

Bagaimana cara mengurangi dan menurunkan berat badan dengan aman, sehat tanpa efek samping?

Read more...................



5 Nutrisi Wajib Saat Anda Berdiet
Wanita terkenal dengan kegemarannya untuk berdiet demi mendapatkan bentuk tubuh yang indah dan sedap dipandang mata. Namun diet yang ketat sering dilakukan wanita yang berjuang menurunkan berat badan.
Diet memang bagus dan merupakan cara yang efektif untuk menghadapi masalah obesitas, namun sangatlah penting untuk diketahui para wanita ini bahwa setidaknya ada 5 nutrisi yang harus dijaga jumlah pasokannya ke dalam tubuh. Nutrisi-nutrisi tersebut adalah:
Kalsium, dibutuhkan 1000 mg per hari bagi wanita di usia subur dan 1200 mg bagi wanita yang sudah menopause.
Vitamin D, dibutuhkan 200 IU bagi wanita di bawah 50 tahun, dan 400 IU bagi wanita yang sudah berusia di atas 51 tahun, serta 600 IU bila sudah berusia di atas 71 tahun.
Gorengan Penyebab Penyakit Degeneratif?
Rasanya yang gurih, renyah dan harga murah membuat orang menyukai makanan gorengan. Tapi tahukah Anda, bahwa makanan gorengan adalah faktor risiko tinggi pemicu penyakit degeneratif, seperti penyakit kardiovaskuler, diabetes mellitus dan stroke. Demikian salah satu kesimpulan disertasi doktor Rustika dalam Ilmu Epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia. Rustika lulus dengan predikat cumlaude.
Sudah lama diketahui, kecenderungan peningkatan kasus penyakit tidak menular termasuk degeneratif, dipacu oleh berubahnya gaya hidup akibat urbanisasi dan modernisasi. Salah satunya yang menyebabkan kematian cukup tinggi adalah penyakit kardiovaskuler (PKV). Di Indonesia, angka kesakitan dan kematian akibat PKV terus meningkat tajam. Hasil Survei Kesehatan Rumah Tangga menunjukkan bahwa PKV sebagai penyebab kematian telah meningkat dari urutan ke-11 (1972) ke urutan ketiga (1986) dan menjadi penyebab kematian utama 1992, 1995 dan 2001.
Read more........................



15 Jenis Makanan yang Bikin Gemuk

Ini dia 15 jenis makanan yang gampang membuat gemuk. Kalaupun tidak bisa menyingkirkannya dari daftar menu, gantilah dengan jenis yang rendah kalori dan bebas lemak, atau tidak terlalu sering mengonsumsinya.

1. Pure kentang. Apalagi jika proses pengolahannya menggunakan krim dan mentega. Bayangkan, 1/2 mangkuk saji saja sudah mengandung 200 kalori!

2. Permen. Selain mengandung jenis lemak jahat, kadar gulanya juga sangat tinggi. Begitu pula panganan sejenis seperti donat, cake dan bolu gulung.

3. Es krim. Meski kenikmatannya sangat mengundang, es krim merupakan sajian yang amat tinggi kandungan lemak, gula dan kalori. Jadi, pertimbangkan kembali untuk menikmatinya jika Anda sedang berdiet.

Read more......................

10 Penyebab Diet Anda GAGAL

Banyak orang melakukan program diet. Ada yang berhasil dan ada pula yang tidak berhasil. Berikut beberapa penyebab diet anda gagal ala sobatsehat.com:

1. Anda tidak faham betul untuk apa anda diet ?
2. Mengurangi jumlah makan, bukan porsi makan.
3. Diet yang tidak terencana.
4. Anda makan terlalu sedikit.
5. Kurang olahraga.
6. Tidak mengkonsumsi lemak yang baik. Contohnya , susu
7. Anda tidak punya catatan harian apa yang anda makan. Terkadang kita tidak pernah mengevaluasi program-program yang sedang kita jalankan. Dengan tidak mengevaluasi sulit untuk menentukan arah selajutnya dari program diet anda.
Read more..................................


Inilah Nutrisi-nutrisi yang Dibutuhkan oleh Tubuh


Lebih dari 75% wanita tidak mencukupi kebutuhan hariannya akan vitamin atau mineral. Mengonsumsi multivitamin memang baik, namun hal itu tetap tidak akan menggantikan nutrisi yang sesungguhnya. Bahan makanan yang mengandung vitamin dan mineral akan membantu menurunkan risiko berbagai penyakit seperti kanker dan serangan jantung. Di bawah ini Anda dapat melihat jenis vitamin dan mineral apa saja yang Anda butuhkan:

Vitamin D
Mengapa diperlukan: Vitamin D membantu Anda mempertahankan tulang yang kuat, mendongkrak imunitas, dan mencegah sel-sel kanker tumbuh, demikian menurut studi dari Harvard University. Suatu panel ahli menyatakan bahwa wanita di bawah usia 50 tahun membutuhkan 10 kali lebih banyak daripada yang direkomendasikan setiap hari.


Read more.................................


Mengukur Presentase Lemak Pada Tubuh Kita

Berat badan yang ideal adalah dambaan setiap orang,
Selain seorang dapat lebih percaya diri dengan kondisi tubuhnya, juga sangat berpengaruh terhadap kesehatan dan metabolisme tubuh kita.

Tidak selalu orang kurus mempunyai presentase lemak rendah, dan sebaliknya orang yang terlihat besar belum tentu memiliki persentasi lemak tubuh yang tinggi.

Memang lebih mudah bagi kita untuk melihat berat badan ideal untuk di jadikan patokan, tapi akan jauh lebih baik jika kita juga mengetaui persentase lemak yang ada pada tubuh kita.

Tubuh yang terlalu kurus atau terlalu gemuk selalu memiliki resiko kesehatan yang tidak baik, pada jaman sekarang ini
patokan berat badan ideal yang digunakan oleh para praktisi kesehatan adalah BMI ( Body Mass Index) 

Read more.................................



OBESITAS



Obesitas adalah kelebihan berat badan sebagai akibat dari penimbunan lemak tubuh yang berlebihan.
Setiap orang memerlukan sejumlah lemak tubuh untuk menyimpan energi, sebagai penyekat panas, penyerap guncangan dan fungsi lainnya. Rata-rata wanita memiliki lemak tubuh yang lebih banyak dibandingkan pria. Perbandingan yang normal antara lemak tubuh dengan berat badan adalah sekitar 25-30% pada wanita dan 18-23% pada pria. Wanita dengan lemak tubuh lebih dari 30% dan pria dengan lemak tubuh lebih dari 25% dianggap mengalami obesitas.
Seseorang yang memiliki berat badan 20% lebih tinggi dari nilai tengah kisaran berat badannya yang normal dianggap mengalami obesitas.
Obesitas digolongkan menjadi 3 kelompok:
  • Obesitas ringan : kelebihan berat badan 20-40%
  • Obesitas sedang : kelebihan berat badan 41-100%
  • Obesitas berat : kelebihan berat badan >100% (Obesitas berat ditemukan sebanyak 5% dari antara orang-orang yang gemuk).

Read more.................................

RESIKO KEGEMUKAN
Apa sajakah resiko penyakit akibar kegemukan?
dan apa sajakah yang terjadai saat kamu merubah pola makan dan mngalami penurunan kadar lemak?

Lihat Gambar Berikut................................

No comments:

Post a Comment

Popular Posts